Kelas : 3EA26
NPM : 16213247
TUGAS I
PERILAKU KONSUMEN
1.
Apa yang dimaksud dengan Perilaku Konsumen?
Perilaku
permintaan konsumen terhadap barang dan jasa akan dipengaruhi oleh beberapa
faktor, diantaranya: pendapatan, selera konsumen, dan harga barang, disaat
kondisi yang lain tidak berubah (ceteris paribus). Perilaku konsumen ini
didasarkan pada Teori Perilaku Konsumen yang menjelaskan bagaimana seseorang
dengan pendapatan yang diperolehnya, dapat membeli berbagai barang dan jasa
sehingga tercapai kepuasan tertentu sesuai dengan apa yang diharapkannya.
Perilaku
konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang/ organisasi dalam mencari,
membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan membuang produk atau jasa setelah
dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya. Studi perilaku konsumen muncul seiring
dengan berkembangnya konsep pemasaran, yang merupakan cara pandang pemasar
dalam menghadapi konsumen dan pesaingnya, di mana pemasar berusaha memenuhi
kebutuhan dan keinginan konsumen secara lebih efektif dari para pesaingnya.
Tujuannya
adalah memperoleh kepuasan pelanggan. Sehingga ilmu perilaku konsumen
dibutuhkan untuk mengidentifikasi apa kebutuhan dan keinginan konsumen dan
pelanggan tersebut sehingga pemasar mampu menyusun dan mengimplementasikan
strategi pemasaran yang tepat untuk karakteristik konsumen yang menjadi target
pasar.
Pemahaman
tentang konsumen ini diperoleh pemasar melalui penelitian-penelitian perilaku
konsumen sehingga dapat dipertanggung-jawabkan kebenaran informasi yang terima
dan digunakan dalam penyusunan strategi pemasaran. Perilaku konsumen terkait
dengan strategi pemasaran, di mana pemasaran harus mampu menyusun kriteria
pembentukan segmen konsumen, kemudian melakukan pengelompokan dan menyusun
profil dari konsumen tersebut. Kemudian, pemasar memilih salah satu segmen
untuk dijadikan pasar sasaran. Dan setelah itu, pemasar menyusun dan
mengimplementasikan strategi bauran pemasaran yang tepat untuk segmen tersebut.
2. Pengertian yang benar tentang konsumen
Konsumen
adalah seseorang atau sekelompok orang yang membeli suatu produk untuk dipakai
sendiri dan tidak untuk dijual kembali. konsumen adalah raja sebenarnya, oleh
karena itu sebagai produsen yang memiliki prinsip holistic marketing sudah
seharusnya memperhatikan semua yang menjadi hak-hak konsumen.
3. Penelitian Konsumen
sebagai Bidang Ilmu Dinamis
Konsumen
sebagai ilmu yang dinamis dikarenakan
proses berpikir, merasakan, dan aksi dari setiap individu konsumen, kelompok
konsumen, dan perhimpunan besar konsumen selalu berubah secara konstan. Sifat
yang dinamis demikian menyebabkan pengembangan strategi pemasaran menjadi
sangat menantang sekaligus sulit. Suatu strategi dapat berhasil pada suatu saat
dan tempat tertentu tapi gagal pada saat dan tempat lain. Karena itu suatu
perusahaan harus senantiasa melakukan inovasi-inovasi secara berkala untuk
meraih konsumennya.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar